Hukum Membaca Al-Fatihah bagi Makmum ketika Sholat Jahriyah

Pertanyaan: apa hukum membaca (al-fatihah) bagi makmum ketika sholat jahriyyah (sholat yang dinyaringkan bacaan imam,pent)?

– – –

Oleh Asy-Syaikh Muhammad bin Abdullah Al-Imam hafizhahullah

Jawab: Pendapat yang kuat dari beberapa pendapat ulama bahwasanya wajib bagi makmum untuk membaca al-fatihah berdasarkan hadits yang diriwayatkan dalam Ash-Shahihain dari ‘Ubadah bin Shamith ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda

(لا صلاة لمن لم يقرأ بفاتحة الكتاب)

“Tidak ada sholat bagi yang tidak membaca surat Al-Fatihah”

(hadits) ini umum, mencakup imam dan makmum dan mencakup sholat jahriyyah dan  sholat sirriyah. Dan diriwayatkan dalam Shahih Muslim dari Abu Hurairah ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Alihi wa Sallam bersabda:

(من لم يقرأ بفاتحة الكتاب فصلاته خداج غير تمام)

“Barangsiapa yang tidak membaca surat al-fatihah maka sholatnya rusak, tidak sempurna.”

Dan diriwayatkan pula oleh Abu Ya’la dari Anas ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Alihi wa Sallam bersabda:

أتقرؤون خلف الإمام والإمام يقرأ ؟ فقالوا : إنا لنفعل . قال : لا تفعلوا ليقرأ أحدكم بفاتحة الكتاب في نفسه

“Apakah kalian membaca (al-fatihah dengan suara terdengar,pent) sementara imam sedang membaca?” Para shahabat menjawab, ‘benar, kami membacanya.’ Beliau bersabda, ‘jangan kalian lakukan. Hendaklah salah seorang kalian membacanya didalam hati.” sanadnya hasan.

Adapun hadits yang diriwayatkan Muslim bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Alihi wa Sallam bersabda: “Apabila imam membaca (al-fatihah) maka diamlah.” (hadits ini) dicacat oleh sebagian huffazh (pakar hadits) dengan syudzudz (termasuk dalam jajaran hadits dha’if). (seandainya shahih) hadits ini bersifat umum maka dikhususkan oleh hadits-hadits diatas yang menunjukkan (wajibnya) membaca al-fatihah.

Sumber: Ma’had Ma’bar

4 Tanggapan

  1. Ustad yang di muliakan Alloh, ana mau tanya:
    kapan seorang ma’mum membaca suroh alfatihah, apakah berbarengan dengan Imam dengan suara sir, atau sendiri2 sesuka makmum?

    dulu waktu di sekolah ana di ajarkan sholat bagi makmum membaca alfatihah ketika imam membaca suroh pilihan, Bagaiman tuntunan yang syar’i, Jazakallohu khoir

    [ admin ]
    Kepada Ummu Lutfi, pertanyaan anda sudah kami jawab di blog kami warisansalaf.wordpress.com barakallahu fiik

  2. assalamu’alaikum

    ustadz,
    dalam hal ma’mum yang masbuk, ada haditz yang mengatakan bila masih dapat ruku’ maka mendapatkan rokaa’t itu. bagaimana dengan bacaan al-fatikhahnya?

    wassalam

    [ admin ]
    wallahu a’lam, dalam keadaan seperti itu si makmum telah mendapati raka’at tersebut. Tentang hal ini -yang kami ketahui- tidak ada hadits yang jelas yang menunjukkan bahwa seorang makmum yang masbuq ketika mendapati imam sedang ruku’ atau akan ruku’ maka ia mendapatkan raka’at tersebut.
    Namun, seperti itulah pendapat beberapa ulama’ diantaranya Syaikh Al-‘Utsaimin. Diantara dalil yang mereka pakai untuk menguatkan pendapat tersebut adalah hadits Abu Bakroh Radhiallahu ‘anhu.

    Catatan: Pembahasan tentang hadits Abu Bakroh cukup panjang, oleh karena itu kami tidak menampilkannya disini, namun seperti yang kami sebutkan, hadits ini tidak secara jelas menunjukkan tentang pendapat yang disebutkan, hanya saja sebagian ulama’ memiliki kesimpulan seperti itu. wallahu a’lam.

  3. Assalamu’alaikum
    Apakah bacaan bismillah juga termasuk dalam bacaan al-fatihah?

    –admin—
    Menurut pendapat yang lebih benar bukan bagian dar al-fatihah. Wallahu a’lam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: