Sunnah Sunnah Fithrah (Khitan), Bag: 3

  • Waktu Wajib: Ketika Usia Baligh

Al-Imam Ibnul Qoyyim berkata dalam kitabnya Tuhfatul Maulud: “Tidak boleh bagi seorang wali (orang tua atau yang menanggung kehidupan anak, pent) untuk meninggalkan/ tidak mengkhitan seorang anak sampai melebihi usia baligh.”

Permasalahan ini kembali kepada hukum berkhitan. (Pendapat yang kuat) ia adalah wajib, sebagian ulama’ menyebutkan bahwa ini adalah pendapat mayoritas ulama. Dalil mereka adalah yang telah kita lalui, bahwa kata sunnah disini (sunnah-sunnah fithroh, pent) ditafsirkan dengan agama dan ditafsirkan dengan perbuatan para Nabi (dalam hal ini adalah Nabi Ibrahim,pent). Dan Allah memerintahkan kita untuk meneladani mereka:

ثُمَّ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ أَنِ اتَّبِعْ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ

“Kemudian kami wahyukan kepadamu (Muhammad): “Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif (bertauhid murni) dan dia tidak termasuk orang-orang yang berbuat syirik.” (QS. An-Nahl:123)

Kita diperintahkan tuk mengikuti (syari’at) Ibrahim, dan diantara yang disebutkan dari (syari’at) Ibrahim adalah perbuatan tersebut (yakni: khitan, pent).

Disebutkan dalam Ash-Shahihain dari Abu Hurairah “bahwa Ibrahim ‘alaihis salam berkhitan ketika beliau berumur 80 (delapan puluh) tahun.” Yakni beliau melakukan khitan di umur yang demikian senja.

Atas dasar ini, Al-Imam Al-Qurthubi berkata: “Oleh karena itu, disukai bagi orang yang sudah tua untuk tetap berkhitan.” Bahkan, Al-Hasan Al-Bashri berkata: “Seorang hamba tidak dapat meraih keislaman (yang hakiki) kecuali dengan dia berkhitan.”

Ini dimungkinkan terjadi bagi orang kafir yang masuk islam di usia senja, maka ketika itu disukai baginya untuk berkhitan. Bahkan, menurut pendapat yang kuat diwajibkan baginya (berkhitan).”

Bersambung insya Allah….

  1. Bagian Pertama: Sunnah Sunnah Fithrah (Khitan), Bag: 1
  1. Bagian Kedua: Sunnah Sunnah Fithrah (Khitan), Bag: 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: