Pujian Syaikh Muqbil Al-Wadi’i Terhadap Syaikh Abdurrahman Al-Adeni

Pujian Al-Imam Al-Muhaddits Muqbil Al-Wadi’i rahimahullah

Terhadap

Asy-Syaikh ‘Abdurrahman Al-‘Adani

Al-Imam Al-Muhaddits Muqbil bin Hadi Al-Wadi’i berkata dalam kaset berjudul : “Nasehat ‘Allamatul Yaman terhadap Ahl Hadhramaut terkait dengan Kedatangan Asy-Syaikh ‘Abdurrahman.”

Asy-Syaikh Muqbil berkata : “… dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ini adalah muqaddimah untuk kaset yang Insya Allah akan direkam beberapa malam lagi. Sedangkan aku pada malam hari ini kesehatanku tidak mendukung untuk memberikan jawaban (atas pertanyaan-pertanyaan)

  • Kalian telah tahu bahwa Saudara kita Asy-Syaikh ‘Abdurrahman bin Mar’i Al-‘Adani Al-Hadhrami – semestinya kita katakan Al-Hadhrami Al-‘Adani karena asalnya adalah Hadhramaut kemudian pindah ke ‘Aden.
  • Kalian tahu bahwa dia (Asy-Syaikh ‘Abdurrahman) adalah di antara saudaranya yang terdekat. Dia telah berbuat memberikan khidmah (pelayanan) yang sangat mulia untuk saudara-saudaranya fillah dalam bentuk mengajar dan memberikan perhatian yang sangat baik.
  • Dia hafizhahullah dalam usianya yang masih muda adalah seorang yang bijak dan berpengalaman. Dia telah mengunjungi saudara-saudaranya di ‘Aden pada dua kali musim libur, maka saudara-saudaranya para penduduk ‘Aden tersebut pun mendapatkan faidah (ilmiah darinya) dengan faidah yang sangat besar.
  • Dia (Asy-Syaikh ‘Abdurrahman) bihamdillah adalah seorang yang menonjol dalam bidang fiqh. Aku sangat sering bertanya kepadanya dalam beberapa permasalahan jazahullah khairan. Dan sering pula terjadi munaqasyah (diskusi ilmiah) antara aku dengan dia, dalam munaqasyah tersebut terdapat banyak faidah ilmiah yang (sangat mahal nilainya) pantas untuk dicari dengan cara rihlah. Aku memohon agar Allah memberikan barakah padanya dan pada ilmunya serta menjadikan bermanfaat untuk Islam dan kaum muslimin.

Pada hari-hari ini dia diminta untuk pergi ke Syihr.”

Asy-Syaikh Muqbil juga berkata :

  • “Akhuna ‘Abdurrahman hafizhahullah semoga Allah memberikan manfaat dengannya kepada negeri Hadhramaut semuanya tidak terbatas pada kota Syihr saja. Benar, dia di sisi ikhwah Hadhramaut benar-benar diterima tidak ada bandingannya, demikian juga di kalangan ikhwah ‘Aden.”

Asy-Syaikh Muqbil juga berkata : “Saudara (kandung) Asy-Syaikh ‘Abdurrahman yaitu ‘Abdullah bin Mar’i pada liburan kali ini pergi ke Syihr dan para thalabul ‘ilmi berkumpul di sekitarnya.”

Asy-Syaikh Muqbil juga berkata :

  • “Al-Akh ‘Abdurrahman insya Allah di Hadhramaut akan memberikan faidah. Bihamdillah dia (Asy-Syaikh ‘Abdurrahman) termasuk orang yang memiliki ghirah terhadap agama dan memiliki kecintaan terhadap dakwah Ahlus Sunnah.”
  • Maka aku menasehatkan kepada ikhwah di Syihr bahkan segenap ikhwah Hadhramaut agar berkumpul di sekitarnya dan mengambil faidah dari ilmunya.

Sesungguhnya urusan silih berganti, rintangan dan hambatan pasti datang, sementara kita tidak tahu apakah kebaikan yang kita sedang berada di atasnya ini akan terus demikian – tentunya kita berharap kebaikan ini akan terus – ataukah justru akan datang rintangan atau sesuatu yang menyusahkan kondisi Ahlus Sunnah. Maka tidak ada bagi Ahlus Sunnah kecuali Allah Subhanahu wa Ta’ala. Demi Allah kedatangan ‘Abdurrahman kepada mereka lebih baik daripada ditimbangkan untuk mereka sekeranjang emas. Lebih baik mereka. Karena dia (‘Abdurrahman) mengajari mereka agama mereka. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda sebagaimana dalam Ash-Shahihain : “Barangsiapa yang Allah kehendaki padanya kebaikan niscaya Allah jadikan ia faqih dalam urusan agama.” Dan jumlah besar tersebut yang kami lihat sungguh membuat semangat. Al-Akh ‘Abdurrahman bihamdillah saya memohon kepada Allah agar mengokohkan kami dan dia serta menolak dari kami dan dia dari segala kejelekan dan bahaya. Mereka akan melihat darinya (dari Asy-Syaikh ‘Abdurrahman) sesuatu yang menyenangkan mereka, berupa akhlak yang utama, pemahaman terhadap Al-Kitab dan Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Asy-Syaikh Muqbil juga berkata :

  • “Sesungguhnya Al-Akh ‘Abdurrahman kita semua berdoa untuknya semoga Allah mengokohkannya serta menghindarkan darinya segala kejelekan dan bahaya. Apabila Allah kokohkan dia, akan datang kepadanya para thalabatul ‘ilmi dari Yaman dan luar Yaman. Sesungguhnya dia (Al-Akh ‘Abdurrahman) hafizhahullah adalah orang yang pantas untuk dilakukan rihlah terhadapnya.”
  • Insya Allah saudara-saudara kita di Hadhramaut akan berkumpul di sekitar saudaranya ‘Abdurrahman dan akan mendulang faidah darinya.”

Aku memohon kepada Allah agar menjaga untuk kita agama kita dan agar mewafatkan kita dalam keadaan kita sebagai muslimin. Kita mohon kepada-Nya agar melindungi kita dan negeri kita dari segala fitnah.”

Rekaman suara dapatkan di sini http://dl2.fileswap.com/storage_previews/01312010/9608aa2b61559cd48416c6067c2bba5a.mp3

Teks Arab dapatkan di sini

http://www.speedyshare.com/files/20536781/adne.doc

Diterjemahkan dari : http://wahyain.com/forums/showthread.php?t=1053

Sumber: Dammaj Habibah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: