Fatawa: Keadaan Orang yang Mencela Syaikh Robi’

Pertanyaan: Ada sebagian orang mencela Syaikh Robi. Mereka berkata: Sesungguhnya beliau mencela para ulama’, beliau mutasyaddid (orang yang berlebihan dan keras), dan beliau adalah penerus paham Jamiyyah (nisbah kepada Syaikh Aman Al-Jami Rahimahullah, pent). Apa nasehat anda untuk orang-orang seperti ini?

Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab Al-Wushobi Hafizhahullah menjawab:

Orang yang berkata seperti ini ada dua kemungkinan; bisa jadi dia seorang yang jahil (tidak punya ilmu) yang tidak mengenal beliau, hanya mendengar pembicaraan (tentang beliau) lantas iapun mempercayainya, atau bisa jadi dia seorang yang hasad.

Asy-Syaikh Rabi’ semoga Allah memberinya taufiq bagian dari Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Beliau (gencar) men-tahdzir (memperingatkan) dari hizbiyyin dan mubtadi’in (ahli bid’ah), perkara ini adalah wajib. Mentahdzir mereka adalah wajib, wajib kifayah, apabila sudah ada yang melakukannya maka telah gugurnya dosanya dari yang lainnya. Beliau mentahdzir orang-orang yang memang berhak ditahdzir, dari para ahli bid’ah dan (pengikut)hawa nafsu. Beliau memiliki sekian karya tulis tentang tahdzir terhadap mereka.  Semoga Allah memberinya balasan kebaikan, dan terima kasih untuk (usahanya) itu.

Bacalah karya tulisnya pasti kamu akan tahu siapa itu Syaikh Rabi’ .

wabillahi at-taufiq

[Diterjemahkan sebisanya dari situs olamayemen.com]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: